MEDIA SCANTER - PUSAT KOREKSI LEMBAR JAWAB KOMPUTER

Hasil Tes Pendalaman Materi UN Tak Memuaskan

YOGYA (KRjogja.com) - Hasil tes pendalaman materi ujian nasional tahap pertama tingkat sekolah menengah pertama di Kota Yogyakarta yang dilakukan pekan lalu oleh Dinas Pendidikan setempat masih di bawah rata-rata.

"Ada sekolah yang hasilnya sangat baik, tetapi ada pula sekolah yang hasilnya kurang baik. Secara rata-rata, hasilnya kurang baik, tetapi hal itu masih bisa dipahami karena belum semua materi yang diujikan diajarkan di sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana di Yogyakarta, Minggu (5/2/2012).

Menurut dia, rata-rata hasil nilai ujian nasional dari tes pendalaman materi (TPM) tahap pertama tersebut adalah 6,47 padahal rata-rata nilai ujian nasional (UN) untuk tingkat SMP di Kota Yogyakarta bisa mencapai lebih dari 7,00. Materi yang diujikan dalam tes pendalaman materi tahap pertama tersebut merupakan materi dari semester satu hingga semester enam.

Selain belum semua materi diajarkan di sekolah, Edy menilai, masih rendahnya rata-rata nilai hasil tes pendalaman materi tersebut juga disebabkan bobot soal yang diberikan juga cukup tinggi.

"Soal memang sengaja dibuat dengan bobot yang tinggi. Supaya anak-anak pun bisa semakin meningkatkan persiapan mereka menghadapi ujian nasional,"imbuhnya.

Edy menambahkan, mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika merupakan dua mata pelajaran yang perlu mendapatkan perhatian lebih karena hasilnya juga tidak terlalu baik bila dibanding mata pelajaran lain yaitu Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam.

"Nilai untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia biasanya lebih rendah dibanding nilai untuk mata pelajaran Bahasa Inggris," katanya.

Edy berharap, hasil tes pendalaman materi tersebut bisa digunakan sebagai evaluasi untuk sekolah dalam menyiapkan siswanya menghadapi UN yang sebenarnya pada April 2012. Dan, akan kembali menggelar tes pendalaman materi untuk SMP pada 20-23 Januari. "Tes pendalaman materi untuk SMP dilakukan dua kali, sedang untuk SMA/SMK dilakukan satu kali. Tetapi ada beberapa latihan yang juga digelar oleh masing-masing sekolah," tandasnya.